E-COMMERCE
Ilustrasi Prinsip E-Comerce |
Electronic Commerce (E-Commerce)
didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk,
jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan
komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Sementara itu Kalakota dan Whinston
mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu:
1.
Dari perspektif
komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa,
atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;
atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;
2. Dari perspektif
proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi
transaksi bisnis dan work flow;
transaksi bisnis dan work flow;
3.
Dari perspektif
pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi
biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
4.
Dari perspektif
online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan
membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia
of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan
jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan
transksaksi komersial. Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commerce
didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui
internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan
disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran,
jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.
Seluruh definisi yang dijelaskan di
atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen
transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang
terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet). Perkembangan
teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan
e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan
komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan
interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan
jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin
hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai
saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan
e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan
bisnis di internet.
Pertukaran informasi dalam E-Commerce
dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam
bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan sistem komputer yang saling
terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat
dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya informasi
yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan.
Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang
harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang
berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas
perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi informasi,
E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam
mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan
bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan
untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan
efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan
kemampuan perusahaan dalam bersaing.
Tipe
dan macam- macam Aplikasi
Aplikasi internet sangat berkembang
sesuai dengan perkembangan teknologi yang mendukungnya, antara lain seperti:
e-mail, file transfer, Bulletin Board System, online banking, video
broadcasting, radio broadcasting, internet telephony, dan World Wide Web (web).
e-mail
e-mail adalah aplikasi yang
memungkinkan seseorang mengirimkan surat elektronik ke orang lain yang berada
di lokasi yang berjauhan dengannya, dengan syarat keduanya memiliki koneksi ke
internet. Diperkirakan lebih dari 100 juta orang telah memiliki alamat e-mail,
dan setiap bulan lebih 1 terabyte (TB) telah melintasi jaringan internet. Agar
seseorang bisa memiliki alamat surat internet (e-mail) maka dia harus
mendaftarkan diri pada satu penyedia layanan, baik secara offline maupun secara
online. Alamat surat elektronik biasanya dalam format: user@penyedia, cotohnya:
asus_design@yahoo.co.id atau 8kreasi@gmail.com. Surat-surat yang dikirim ke
seseorang akan ditampung pada suatu server (mail server) di komputer penyedia
layanan, kemudian secara otomatis di-download ketika user membuka kotak
suratnya (mailbox) pada saat koneksi ke internet.
File
Transfer
File Transfer adalah aplikasi yang
memungkinkan seseorang men-transfer file data-nya dari satu komputer ke
komputer lain dalam jaringan internet. Misalnya mengambil file dari suatu
lokasi (download) atau mengirim file kesuatu lokasi (upload). Suatu protokol
internet yaitu FTP (file transfer protocol) melayani proses pemindahan ini.
File-file besar biasanya dikompress dulu sebelum disediakan dalam suatu FTP
server, dalam format zip, tar.gz, atau hqx.
Bulletin
Board
Bulletin Board System (BBS) adalah
layanan bulletin online yang dibagi menurut bidang ilmu pengetahuan, atau
bidang-bidang minat lainnya. Network News dan Usenet News adalah dua contoh BBS
yang menyajikan lebih dari 6000 bidang minat. Bidang ilmu pengetahuan atau
bidang minat dibagi dalam beberapa kategori, antara lain sbb:
? com
bidang Komputer, termasuk teknologi jaringan LAN
? biz
bidang bisnis
? K12
bidang pendidikan dasar dan menengah
? rec
bidang rekreasi
? sci
bidang sains (biologi, kimia, fisika)
? soc
bidang sosial
Online
Banking
Beberapa bank kini menyajikan layanan
online melalui internet, di mana nasabah dapat mendapatkan informasi tentang
berbagai urusan perbankan, dan juga bisa untuk memeriksa rekening tanpa perlu
ke bank. Masalah utama adalah masalah keamanan data, di mana rekening seseorang
bisa dibobol, dsb.
Radio
Broadcasting
Berbagai stasiun radio menyebarkan
siaran-nya melalui internet sehingga pendengar tidak memerlukan antena khusus
untuk menangkap siaran radio favorit-nya. Teknologi audio streaming digunakan
untuk menyalurkan suara ke internet, walaupun reliabilitas-nya kurang,
mengingat teknologi streaming adalah teknologi packet-switching, sehingga bisa
terjadi penundaan waktu yang menyebabkan suara terputus-putus, bahkan beberapa
paket suara mungkin hilang dalam media transmisi. Tetapi karena pada umumnya
siaran radio internet ini gratis, maka para pendengar biasanya cukup maklum
dengan kondisi siarannya.
Video
Broadcasting
Seperti pada siaran radio, maka
beberapa stasiun TV juga memiliki situs di internet untuk menyebarluaskan siaran-nya.
Di samping itu, aplikasi seperti netmeeting, CU-SeeMe yang menyajikan
video-conferencing melalui internet juga kini sudah bisa digunakan oleh banyak
orang. Namun seperti pada Radio Broadcasting maka kualitas siaran TV juga tidak
terlalu bagus.
Internet
Telephony
Telepon internet dikenal juga sebagai
iPhone, NetPhone, atau VOIP (Voice Over Internet Protocol), adalah usaha untuk
melakukan koneksi telepon melalu internet. Keuntungan Voip adalah kemungkinan
biaya murah untuk telepon jarak jauh (interlokal), bahkan bisa gratis bila
dilakukan oleh dua orang yang terhubung ke internet, kemudian menggunakan
microphone dan speaker yang ada pada komputernya untuk melakukan percakapan.
Kelemahan-nya adalah kualitas suara yang mungkin buruk akibat rintangan dalam
jaringan internet yang sibuk. Perusahan telepon seperti Telkom di Indonesia
melarang voip untuk dijadikan bisnis perorangan, karena bisnis komunikasi hanya
bisa dilakukan oleh perusahaan komunikasi.
Chatting
Chatting adalah aplikasi yang digemari
banyak orang terutama anak muda, karena memberi layanan berkomunikasi antar
teman melalui internet (Internet Relay Chatting / IRC). Komunikasi yang
dilakukan pada umumnya komunikasi teks, di mana dua orang yang sedang chatting
akan berbalas-balasan kalimat pendek yang diketik pada layar monitor.
World
Wide Web
World
Wide Web (WWW), lebih populer dengan istilah Web,
merupakan aplikasi internet yang paling digemari oleh pengguna internet. Web
mula-mula diperkenalkan oleh Tim-Berners-Lee pada tahun 1992 di CERN,
laboratorium Fisika Partikel Eropa yang berlokasi di Jenewa, Swiss, dan setelah
populer kemudian diambil alih pengembangannya oleh W3C (World Wide Web
Consortium). Marc Andressen merancang sebuah perangkat lunak untuk menampilkan
halaman Web yang diciptakan oleh Tim-Berners Lee, yang dinamakan sebagai
web-browser. Web menjadi populer karena kemampuannya menyajikan objek
multimedia pada halaman tampilan-nya, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber
informasi yang memuat teks, gambar, suara, citra, dan video, yang diatur oleh
program HTML (Hyper Text Markup Language). Hypertext dapat membentuk hyperlink
yang memungkinkan seseorang berpindah dari satu tayangan Web ke tayangan Web
lainnya. Setiap organisasi kini memiliki situs Web (Website), dengan alamat
tertentu yang bisa diakses oleh sebuah browser (seperti Internet Explorer,
NetScape, atau Opera).
Pengertian E-commerce
E-commerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan
teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan
sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan
pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer
lainnya.
Kegiatan e-commerce ini merupakan aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berhubungan dengan transaksi
komersial, misalnya: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain
management), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI),
pemasaran online (online marketing), atau e-pemasaran (e-marketing), pemrosesan
transaksi online (online transaction processing), dll.
Pengertian E-learning
E-learning adalah electronic learning, merupakan kumpulan
pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara
formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah
pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah
diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak
terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran
seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh
perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh
universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahaan konsultan) yang
memang bergerak dibidang penyediaan jasa e-learning untuk umum.
E-learning bisa juga dilakukan secara informal
dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter
atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin
mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu
pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
Pengertian E-library
Menurut Anonim Konsep e-library adalah sebuah perpustakaan
digital yang ada dalam website chickaholic dengan menyediakan link buku
elektronik (e-book) yang dapat didownload pengunjung dengan gratis, buku yang
telah didownload tersebut dapat / bebas disebarluaskan kembali dengan tidak mengubah
materi yang ada dan menghilangkan sumber penulisnya. Perpustakaan elektronik
atau juga dikenal dengan perpustakaan maya atau electronic library adalah
sebuah system informasi yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan
perangkat lunak (software), pengelolaan, pelayanan serta penyediaan (akses)
informasinya dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronis yang berupa
computer. Dalam perpustakaan elektronik, bahan-bahan pustaka tidak hadir dalam
bentuk fisik (disebut maya) yang umumnya ada dalam perpustakaan konvensional.
Pengertian E-banking
Electronic Banking,
atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. Layanan
ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis
transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan
penggunaan mesin ATM, lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan
pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran
tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening
banknya. Jelas banyak keuntungan yang akan bisa didapatkan oleh nasabah dengan
memanfaatkan layanan ini, terutama bila dilihat dari waktu dan tenaga yang
dapat dihemat karena transaksi e-banking jelas bebas antrian dan dapat
dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan
internet.
Untuk dapat
menggunakan layanan ini, seorang nasabah akan dibekali dengan login dan kode
akses ke situs web dimana terdapat fasilitas e-banking milik bankbersangkutan.
Selanjutnya, nasabah dapat melakukan login dan dapat melakukan aktifitas
perbankan melalui situs web bank bersangkutan.
E-banking sebenarnya bukan barang baru di internet,
tapi di Indonesia sendiri, baru beberapa tahun belakangan ini marak
diaplikasikan oleh beberapa bank papan atas. berkaitan dengan keamanan nasabah
yang tentunya menjadi perhatian utama dari para pengelola bank disamping
masalah infrastruktur bank bersangkutan.
Keamanan
merupakan isu utama dalam e-banking karena sebagaimana kegiatan lainnya seperti
di internet, transaksi perbankan di internet juga rawan terhadap pengintaian
dan penyalahgunaan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.Oleh karena
itu sebuah situs e-banking diwajibkan untuk menggunakan standar keamanan yang
sangat ketat untuk menjamin bahwa setiap layanan yang mereka sediakan hanya
dimanfaatkan oleh mereka yang memang betul-betul berhak. Salah satu teknik
pengamanan yang sering dugunakan dalam e-banking adalah melalui SSL
( Secure Socket Layer ) maupun lewat protokol HTTPS (Secure HTTP)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar