Rabu, 21 Maret 2012

Perancangan dan Pengendalian Product


" PENGENDALIAN PERSEDIAAN "


Definisi Persediaan
Persediaan (inventory) dalam konteks produksi, dapat diartikan sebagai sumber daya mengganggur. Sumber daya menganggur ini belum digunakan karena menunggu proses lebih lanjut.
Keberadaan persediaan dikarenakan sumber daya tertentu tidak bisa didatangkan ketika sumber daya tersebut dibutuhkan. Sehingga, untuk menjamin tersedianya sumber daya tersebut perlu adanya persediaan yang siap digunakan ketika dibutuhkan.


Gamb : Persedian Bahan Dalam Manufaktur

Adanya persediaan menimbulkan konsekuensi berupa resiko-resiko tertentu yang harus ditanggung perusahaan akibat adanya persediaan tersebut. Persediaan yang disimpan perusahaan bias saja rusak sebelum digunakan. Selain itu perusahaan juga harus menanggung biaya-biaya yang timbul akibat adanya persediaan tersebut.

Adanya alas an perlunya persediaan adalah: Transaction motive.
  1. Menjamin kelancaran proses pemenuhan permintaan barang sesuai kebutuhan pemakai
  2. Precatuianary Motive
  3. Meredam fluktuasi permintaan/pasokan yang tidak teratur
  4. Speculation Motive
  5. Alat spekulasi untuk mendapatkan keuntungan.

Bentuk Sistem Persediaan

            http://bayu96ekonomos.wordpress.com

Proses input merupak bagian dari system persediaan yang dapat dikontrol perusahaan melalui kebijakan kapan dan berapa banyak pemesanan perlu dilakukan. Walaupun demikian, keterlambatan keterlambatan pemenuhan pemesanan dari pemasok bias saja terjadi, sehingga rata-rata input akan berdeviasi atau berbeda dari harapan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar