Jumat, 13 Juli 2012

studi kasus sistem informasi manajemen




Mata Kuliah   : Sistem Perancangan Informasi / 3SKSn
Dosen              : …………………………………..
Studi Kasus   : Analisa Sistem Perancangan Informasi Terkait dengan Manajemen
Informasi pada  Dealer Freeway Ford



STUDI KASUS


Anda adalah konsultanmanajemenyang bekerjauntukFranklinAbsolomseorang pemegang sahammayoritasuntuksekelompoksepuluhdistributormobiliameminta Andauntukmenghabiskanbeberapa haridiFreewayFord-sebuahdealeryangtidakbisamelakukanpekerjaan sampaidengan potensi maksimalnya dalam mendatangkan laba.Andatidakpergi"mencari masalah" yang terdapat dalam dealer tersebut. Namun anda ke sanauntukmenemukancara-cara dansolusi untukmembantumanajemendidealermengambilkeuntungandarikesempatan yang terdapat di dealer tersebut.

suatu hari ketika Anda sedang berbicara dengan Kahler james, manajer penjualan Ford Freeway, Anda menyadari bahwa dealer hanya menggunakan sistem pemrosesan transaksi –dealer tersebut tidak memanfaatkan potensi penuh dari informasi dan peluang-peluang yang telah dikumpulkan untuk membuat desicion manajerial (keputusan manajer).

Misalnya, FreewayFordtahutanggalpembeliandan pemilikdarisetiapmobilyang dijualnyatetapidealertidak pernahmenghubungipemiliktentangperawatanrutin yang semestinya dilakukan oleh customer tersebut.

FordFreeway memiliki kemampuan untuk memprediksiorang-orangyangakan membelimobil barutigaatauempattahunkemudiantetapi,dealertidakmenghubungiparapelangganyang telah menggunakan jasa dealer ini sebelumnya.

kesempatan lain yang seharusnya dimanfaatkan oleh FreewayFordberasal dari pembelian dan penjualan mobil bekas.setiap mobil memiliki nomor identifikasi kendaraan (Vehicle Identify Number) dan dealer menggunakan itu untuk memeriksa masalah yang telah terjadi pada mobil tersebut sebelum akhirnya mobil itu dijual sebagai mobil bekas di dealer Freeway Ford.Bank data sejarah tentang klaim asuransi mobil dan utama perbaikan sejarah disimpan pada satu set CD yang dikirim ke dealer Freeway Ford setiap bulannya.

didealer, VINdimasukkanke dalamkomputerpribadiyangakseskeCD.Namun, dealertetap membelidua puluh limaratusmobil bekassebulandarilokasi lain.kadang-kadangmobil bekas yang di beli berasal daripelelangan dan tidakmemilikiakses (data VIN)kekomputer.kadang-kadangpembelian dilakukan pada suatutransaksi realataumelaui orang laindengan penjualanpribadi.Hingga kemudian saat ini, penjualandilakukansecara tidak informatif karena tanpainformasimeninjau tentangVIN. Hal ini terjadi karenakarenapembelitidak bisamengakses data VIN ke komputerdanataupun menggunakanCDuntukmemeriksasejarahmobil.

Anda tahu bahwa Ford Freeway mengumpulkan data tetapi dealer tidak melakukan pengolahan data untuk menghasilkan informasi. juga, kurangnya penunjang sarana untuk pembeli mobil bekas untuk mengaksesVIN ke database dealerdapat merugikan dealer Ford Freeway  ribuan dolar setiap bulan.
Kesimpulan yang anda buat nanti akan berisi pembahasan solusi yang akan anda berikan  berdasarkan dua point penting diatas.


PERTANYAAN

1.      dalamringkasansingkat, menjelaskan perbedaan antaradata daninformasiyang berlaku untukdatayang dikumpulkanolehFreewayFordsaatmenjualmobil.
Data seperti apa yang harusdiolah menjadiinformasidiFreewayFord?
2.     bagaimana pembeli mobil bekas mengakses informasi VIN bila pembeli tidak di lokasi Ford Freeway?
3.     Bagaimana anda dapat mengembangkan saran yang anda berikan terhadap dealer Freeway Ford, untuk dapat diterapkan ke dalam kesepuluh dealer lain yang ada, terkait untuk pengembangan usaha dan peningkatan laba ?


Hasil Analisa Untuk Pertanyaan I

Perbedaan nya adalah data yang di kumpulkan oleh dealer Freeway Ford tidak di sertai dengan pengolahan data yang baik sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi dealer karna kurangnya sarana dan informasi tentang sejarah mobil bagi pembeli yang ingin membeli mobil.
Sedangkan untuk informasi dari dealer Freeway Ford belum memiliki sistem informasi yang baik, di karenakan pihak dealer masih membeli mobil bekas yang tidak memiliki “VIN” atau sejarah tentang mobil tersebut, sehingga menimbulka rasa keraguan bagi pihak pembeli mobil.
Data yang seharusnya di terapkan oleh dealer Freeway Ford untuk menghasilkan informasi yang baik bagi pembeli adalah dengan cara melakukan pengolahan data yang ada dari setiap data mobil di dealer, contohnya dealer Freeway Ford harus memiliki VIN dari seluruh mobil yang ada, sehingga dapat memberikan informasi bagi para pembeli mobil, dan pihak dealer harus memasukan semua data yang telah di olah ke dalam database dealer sehingga pembeli dapat mengakses dan mendapat kan informasi dengan mudah dan benar untuk membeli mobil yang di ingin kan.

Hasil Analisa Untuk Pertanyaan II

          Caranya adalah dealer Freeway Ford harus membuat web khusus yang di dalam nya berisikan tentang informasi dari profil perusahaan dan informasi database VIN dari setiap mobil yang di jual di dealer Freeway Ford, sehingga dapat memberikan kemudahan dan informasi bagi para customer yang ingin membeli mobil dan mengatahui VIN atau sejarah tentang mobil yang ingin di beli tanpa harus datang ke dealer melainkan dengan cara serching di komputer atau laptop via internet, sehingga dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja.

Hasil Analisa Untuk Pertanyaan III

Dengan cara memberikan penyuluhan terhadap 10 dealer yang terkait pada daeler Freeway Ford dan langsung menjalan kan sistem yang baru, yang berisikan data yang telah di olah dalam database dan informasi yang baik agar dapat memberikan kemudahan bagi kedua belah pihak sehingga dapat menghasilkan laba yang di inginkan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar