Rabu, 11 Juli 2012

BELAJAR BERBISNIS ALA CHINA




MENERAPKAN SIKAP MENTAL BISNIS ORANG CINA



TAMPAK MODEL BISNIS CHINA


Falsafah dan Budaya Bisnis Orang Cina

-      Untuk mencapai sukses orang Cina harus berdagang. Bekerja keras dan berani membuka peluang usaha baru merupakan kunci keberhasilan, dan hasil usaha berupa keberhasilan atau kegagalan ditentukan oleh sikap, usaha dan keyakinan.
-      Pengalaman berdagang diberikan kepada anak cucu agar mereka menganal perdagangan sehingga memiliki sikap mental yang matang dan terampil dalam berdagang.
-      Orang Cina suka perdagangan yang memberikan keuntungan jangka panjang dan berkelanjutan dalam waktu yang lama.
-      Berdagang dapat dijadikan sebagai hobi tetapi bukan untuk mengisi waktu luang. Melainkan sebagai pekerjaan yang serius dan bukan pekrjaan ikit-ikutan.
-      Keuntungan yang diperoleh sebaiknya tidak dibelanjakan tetapi digunakan untuk menambah modal kerja dan melakukan investasi.
-      Pedagang yang jatuh akan merasa sakit, tetapi rasa sakit itulah yang membuatnya bangkit kembali.


Kata Budaya Berasal Dari Kata Buddhayah Yang Artinya Segala Daya dan Kegiatan Manusia Untuk Meningkatkan Kesehjahteraannya.

ü  Orang cina rela bangun pagi dan bekerja terus menerus sampai malam hari untuk mencapai keberhasilan.
ü  Apabila orang Cina mengatakan akan berdagang, mereka biasanya tidak akan berpikir panjang untuk melakukannya.
ü  Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangat sebaliknya malah membuat lebih gigih.
ü  Apabila melibatkan diri dalam kegiatan perdagangan, kita harus menetapkan tujuan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.
ü  Budaya dagang orang Cina mengutamakan hal penting, Siapa cepat dia dapat.


Sistem dan Seni Bisnis Orang Cina

           Sistem bisnis yang dianut orang Cina adalah sistem perdagangan pada pelanggan. (Adanya interaksi atau keterkaitan antara pelaku usaha atau bagian dengan bagian lain dalam suatu usaha).

1.      Orang Cina mengizinkan pelanggannya membuat pilihan sendiri tanpa ada tekanan dari pemilik.
2.      Sukses bisnis dengan tidak menggunakan jalan pintas.
3.      Pelanggan lama diberikan kebebasan dan pelayanan yang istimewa sedangkan pelanggan baru diiming-imingi dengan potongan harga dan kemudahan kredit.
4.      Pekarja dalam bisnis Cina adalah bagian yang tidak terpisahkan dari entitas bisnis.

          
Seni bisnis cina adalah upaya menyelaraskan gerakan yang indah sesuai dengan kaidah ata norma dan dapat dinikmati oleh semua orang,khususnya pedagang dan pelanggan.

  1. Berwirausaha penuh dengan persaingan yang keras dan   dilakukan dengan berbagai macam cara
  2. Dalam berwirausaha diperlukan adanya kecermatan dan ketelitian yang tinggi dan sikap fleksibel.
  3. Seni berdagang cina mengutamakan win-win solution.
  4. Pengusaha harus rajin bekerja, ramah dan menjadikan pelanggan sebagai sahabat dekat.
  5. Pengusaha harus memiliki daya tahan, mental dan jiwa yang kuat.


Etika dan Rahasia Keberhasilan Orang Cina

PRINSIP BISNIS CHINA


Selain faktor yang terkait dengan sistem sosial, kerja keras, masalah ekonomi dan rasa kurang aman, keberhasilan orang Cina juga didorong oleh etika bisnis Cina. Etika bisnis ini merupakan pegangan atau pedoman akan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak dilakukan oleh orang Cina dalam melakukan usaha.
  1. Melarang penggunaan cara-cara kotor untuk menjatuhkan orang lain karena cara tersebut dianggap perbuatan yang terkutuk.
  2. Pedagang dilarang menggangu dan menjelek-jelekkan kegiatan perdagangan orang lain. Persaingan dibenarkan menurut nilai moral dan pertimbangan kemanusiaan.
  3. Pedagang tidak boleh terlalu kaku, namun sebaliknya perlu memperbolehkan proses tawar-menawar.

Sering kali kita melihat banyak keberhasilan yang di peroleh orang Cina dalam berusaha.  Hampir semua mall, hotel dan ruko diseluruh Indonesia didominasi oleh orang Cina. Apabila kita liburan, entah ke mall ataupun tempat hiburan, maka kita akan menjumpai banyak etnis Cina.

-      Beberapa faktor yang mendorong keberhasilan orang Cina adalah banyaknya kemiskinan, perasaan kurang aman di tempat orang lain, kemampuan bertahan hidup di tempat orang lain, tidak adanya pilihan lain dan ajaran filsafah hidup konfusiusme.
-      Dalam sistem kemampuan orang cina, anak laki-laki adalah ahli waris kuturunan.
-      Uang jangan pernah di jadikan sebagai penghalang, asal ada kemauan disitu pasti ada jalan. Yang terpenting harus tabah dan sanggup untuk hidup kita.



Cara Bisnis Orang Cina

a.       Untuk dapat menjadi pedagang sukses harus mendapatkan keyakinan dari pelanggan.
b.      Tidak boleh pelit mengeluarkan biaya tambahan untuk memikat hati pelanggan.
c.       Bekerja minimal 18 jam/ hari.
d.      Harus fleksibel dan harus beradaptasi dengan kondisi yang ada.
e.       Tempat usah aharus mudah diakses dan menarik perhatian konsumen untuk mengunjunginya.
f.       Tidak boleh semata- mata mengikuti pola piker nya, tetapi mengikuti perilaku minat, dan kehendak orang banyak.
g.      Bekerja sendiri supaya dapat mandiri serta memilki daya juang, semngat tinggi, dan pantang menyerah.
h.      Citra (image) dibentuk dengan pelayanan yang diberikan bukan pada gaya dan kebaikan berpakaian.
i.        Lebih suka memperkerjakan sanak keluarga sendiri untuk membantu kegiatan perdagangan.
j.        Akan merasa renda diri jika gagal hidup mandiri dan hanya mendapat gaji sepanjang hidupnya.
k.      Sebagian keuntungan harus disimpan untuk mengmbangkan kegiatan perdagangan dan menghadapi kemungkiana apapun yang terjadi diluar dugaan, sebagian digunakan untuk modal kerja.


PRINSIP BISNIS ORANG CINA


Orang Cina cenderung menggeluti perdagangan karena hal itu adalah cara untuk meningkatkan status sosial dan kedudukannya dalam masyarakat. Ada beberapa faktor lain yang dominan dalam membentuk minat ,sikap, keterampilan dan keberhasilan dagang orang Cina. Di antaranya adalah lingkungan sekitar, persaingan, kepercayaan dan tuntutan hidup. Begitu juga dengan tekanan dan survival (harus mempertahankan hidup), juga turut memberikan kontribusi atas keberhasilan orang Cina dalam kegiatan perdagangan dan bisnis.Prinsip-prinsip yang selalu digunakan orang Cina untuk menilai kewibawaan seorang pelanggan :

A.     Agresif

Dalam kegiatan perdagangan, tidak ada konsep kompromi dan bertenggang rasa terutama jika berkenaan dengan kualitas barang, untung dan rugi. Dalam kegiatan dagang, pedagang harus tahu bagaimana membedakan antara urusan pribadi dan kegiatan perdagangan.


B. Jangan Melepaskan Peluang

Peluang hanya datang sekali dan tidak untuk kedua kalinya. Pedagang harus cepat bertindak. Orang suka bekerja cepat. Mereka tidak suka membuang-buang waktu. Apabila bekerja, mereka akan mencurahkan seluruh pikiran untuk menyukseskannya.

C. Berani Mengambil Resiko

Berani megambil resiko termasuk resiko gagal, rugi ataupun jatuhnya usaha dagangnya. Berdagang adalah suatu kegiatan yang penuh dengan resiko. Setiap kegiatan perdagangan perlu dulakukan dengan sungguh-sungguh, bukannya dilakukan secara sambil lalu. Orang yang berani harus berani mencoba, membuka dan memajukan kegiatan perdagangannya. Musuh utama para pedagang adalah takut bersaing, mencari bisnis baru dan menghadapi kegagalan. Tanpa memahami prinsip berikut ini, pedagang akan kalah dan dikalahkan. Dengan memeganng pada prinsip ‘’biar kalah tetapi jangan gagal’’, pedagang pasti akan bangkit kembali.

D. Tahan Banting

Berdagang menuntut pengorbanan yang banyak, seperti waktu, tenaga, uang dan sebagainya. Mengurus perdagangan memerlukan orang yang mempunyai stamina yang kuat. Selain itu, mereka juga harus mempunyai mental dan jiwa yang kukuh untuk menghadapi bentuk tekanan apa pun. Bagi orang Cina untuk berhasil, seseorang harus mengalami rasa sakit, kesusahan dan juga penderitaan terlebih dahulu.

E. Jangan Menyerah Pada Nasib

Orang Cina percaya, hidup seumpama roda. Sebentar di atas dan adakalanya di bawah. Pedagang harus bersikap terbuka dan berlapang dada apabila berhadapan dengan situasi yang sulit. Dengan demikian barulah mereka bisa mencari jalan keluar atas masalah yang dihadapinya.

F. Semangat Berjuang

Perdagangan adalah fighter (petarung) dan survivor (punya cara untuk bertahan hidup). Mereka harus selalu bersamangat dengan apa yang dilakukannya. Sebagai pejuang, pedagang harus senantiasa waspada dan berjaga–jaga dalam mengatur kegiatan perdagangan. Perdagangan ibarat perjuangan yang menuntut pengorbanan. Keenam prinsip ini harus diterapkan dalam perdagangan.



KESIMPULAN


Saya ingin saya sukses gimana aja caranya. ga perduli orang berkata apa yang penting goal yang saya capai berhasil. (ada TARGET yang nyata).

Modal utama bukan saja UANG tetapi juga KEMAUAN (artinya biarpun ga ada UANG tapi tetap KREATIF).

Adanya tekanan dari LINGKUNGAN. contoh:  masa orang cina naik angkot sih?  makanya mereka bisa beli mobil. (yang disini artinya adanya rasa MINORITAS/ TEKANAN membuat DAYA JUANG TINGGI (do not take the life as granted-ga nyia-nyiakan kesempatan).

Biarpun saya pake celana kolor atau kaos sobek dirumah tapi uang saya jutaan di bank (arti kiasannya: GAK TERLALU PUSING DENGAN PENAMPILAN tapi PERFORMANCE  yang utama).

BAYAR UTANG DULU ... ! baru belanja. atau NGUTANG untuk BUSINESS bukan NGUTANG karena ga bisa beli, baik itu makanan, minuman, rumah atau apa aja. (artinya: punya kredit kard karena BISA BAYAR bukan karena biar dikira keren).

6. Adanya JARINGAN/NETWORKING yang handal. (artinya teman atau kolega yang BERMUTU. tidak hanya asal berteman namun BUSINESS MINDED harus selalu terus ada di benak waktu berteman.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar