Jumat, 13 Juli 2012

Bisnis Kartun anime




RENCANA BISNIS


Kartun Anime_Ala Jepang


I.      Ide/Gagasan Awal berbisnis

Berawal dari kesukaan atau hobby saya untuk menonton kartun Jepang (Anime), membaca komik dan bermain game. Dimulai dari sejak film kartun jepang (Anime) yang banyak digemari seperti Doraemon, Naruto, dan Crayon Shinchan yang telah tayang di Indonesia hingga Lucky Star, Suzumiya Haruhi, dan K-ON yang belum tayang di Indonesia. Anime zaman sekarang pun ada yang ceritanya lebih kompleks sehingga banyak pula penggemar Anime dari kalangan remaja.

Bentuk rasa kegemaran dari para penggemar Anime dapat dicurahkan melalui membeli gelas, pin, hingga pakaian dengan gambar Anime yang digemarinya. Namun, untuk mendapatkan kualitas yang baik, biasanya aksesoris tersebut yang impor dari Jepang, sehingga harganya relatif mahal. Barang yang murah didapat dari impor China atau produksi dalam negeri. Tetapi, adakalanya tidak memuaskan karena pada umumnya karakter Anime yang muncul menjadi tidak mirip karena gambar bukan dari pengarangnya asli.

Pada umumnya baju-baju Anime yang diproduksi ialah baju untuk anak-anak. Sedangkan, kalangan remaja pun juga menyukai Anime. Hal tersebut terbukti pada beberapa Festival Jepang yang saya datangi yaitu di Hotel Salak, Bogor; Kampus Universitas Indonesia, Depok; Kampus Universitas Pancasila, Jakarta Timur. Festival Jepang dipenuhi oleh para remaja yang pada umumnya menggemari Anime. Mereka pun rela merogoh kocek hingga di atas Rp 100.000 untuk mendapatkan baju bergambar Anime untuk remaja.

Hal tersebut dapat menjadi peluang saya untuk menjual baju Anime dengan harga yang lebih murah, namun kualitas gambar tetap kualitas Jepang sehingga tetap mirip dengan karakter Anime yang diinginkan. Usaha tersebut adalah usaha pakaian anime dengan menggunakan Printer Direct to Garment.




II.    Bentuk/Jenis

Jenis usaha yang saya rencanakan merupakan usaha pakaian. Sistem yang digunakan diawal adalah preorder sehingga menghindari terjadinya stok yang menggunung. Adapun usaha yang saya laksanakan memberikan jasa mengeprintan gambar sesuai dengan yang pembeli minta. Sehingga pembeli lebih dibebaskan dalam memilih pakaian (kaos atau jaket) dengan disain gambar yang mereka inginkan.


   Alasan

Usaha tersebut saya rencanakan dengan alasan peminat yang pasti ada. Penerapan pekerjaan produksinya pun relatif mudah dan hanya membutuhkan sedikit lahan. Ditambah lagi dengan masih sedikitnya yang mengetahui teknologi printer Girect to Garment ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar