Minggu, 15 April 2012

Soal UAS Proses Produksi



Proses Produksi Manufaktur
http://zulfindrajuliant.blogspot.com

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan bahan-bahan mampu mesin yang baik ?

§  Penggunaan bahan-bahan teknik secara tepat dan efisien membutuhkan pengetahuan yang luas akan  sifat-sifat mekanisnya diantaranya :

§  Kekuatan (Strenght) adalah kemampuan bahan untuk menahan tegangan tanpa kerusakan. Beberapa bahan seperti baja struktur, besi tempa, alluminium.

§  Kekenyalan (Elastisitas) adalah sifat kemampuan bahan untuk kembali ke ukuran dan bentuk asalnya, setelah gaya luar dilepas. Sifat ini penting pada semua struktur yang mengalami beban yang berubah-ubah.

§  Kekakuan (Stiffness) adalah sifat yang didasarkan pada sejauh mana bahan mampu menahan perubahan bentuk.
.
§  Keliatan (Ductility) adalah sifat dari suatu bahan yang memungkinkannya bisa dibentuk secara permanen melalui perubahan bentuk yang besar tanpa kerusakan, Misalnya seperti tembaga yang dibentuk menjadi kawat. Tembaga, alluminium.

§  Kemamputempaan (Malleability) adalah sifat suatu bahan yang bentuknya bisa diubah dengan memberikan tegangan-tegangan tekan kerusakan, seperti misalnya tembaga,alluminium, atau besi tempa.

§  Kekerasan (Hardness) adalah kemampuan suatu bahan untuk menahan tekik atau kikisan.

§  Daya lenting (Resilience) merupakan sifat bahan yang mampu menyerap energi yang terjadi akibat beban benturan atau pukulan secara tiba-tiba tanpa menyebabkan perubahan bentuk yang permanen. Sifat ini pada baja digunakan pada pegas, seperti pegas mobil, kereta api,.

§  Keuletan (Toughness) adalah sifat dari suatu bahan yang memungkinkan menyerap energi pada tegangan yang tinggi tanpa patah, yang biasanya di atas batas elastis.

§  Kemuluran (Creep) Adalah sifat yang menyebabkan beberapa bahan pada tegangan konstan mengalami perubahan bentuk dengan perlahan, tetapi makin lama bertambah dalam suatu selang waktu.

§  Mampu mesin (Machinability) adalah kesiapan suatu bahan dibentuk tertentu dengan alat-alat pemotong.


  1. secara umum alat iris harus memiliki sifat-sifat yang berlawanan dgn benda kerja, jelaskan pernyataan ini ?
Tujuan utama Proses Manufacturing adalah untuk membuat komponen dengan mempergunakan material tertentu yang memenuhi persyaratan bentuk dan ukuran, serta struktur yang mampu melayani kondisi lingkungan tertentu.

§  Proses dengan cara membuang sebagian bahan baku dalam bentuk serpihan (chip)sehingga akan diproleh bentuk olah,yang diinginkan sesuai dengan produk yang bersangkutan,contoh gerindra dan gergaji.
§  Proses tanpa membuang sebagian bahan baku sehingga tidak ada material yang terbuang sehingga sesuai dengan bentuk contoh : proses tuang ,proses roll.


  1. Sebutkanlah mesin-mesin  perkakas yang paling banyak digunakan pada bengkel produksi

 Mesin perkakas adalah alat mekanis yang ditenagai, biasanya digunakan untuk mempabrikasi komponen metal dari sebuah mesin. Kata mesin perkakas biasanya digunakan untuk mesin yang digunakan tidak dengan tenaga manusia , tetapi mereka bisa juga di gerakan oleh manusia bila dirancang dengan tepat.

Jenis-jenis mesin perkakas dianatarnya :

  1. Mesin broach
  2. Mesin bor
  3. Mesin injection molding
  4. Mesin hone
  5. Mesin bubut
  6. Mesin baut
  7. Mesin milling
  8. Mesin gergaji
  9. Mesin ketam
  10. Mesin platform
  11. Mesin gerinda

  1. Secara umum alat iris harus memiliki sifat-sifat yang berlawanan dengan benda kerja jelaskan pengertian tersebut ?

     Dalam hal ini benda kerja dalam keadaan diam dan pahat bergerak lurus translasi. Pada saat pahat melakukan gerak balik, benda kerja juga melakukan gerak umpan (feeding). Sehingga punggung pahat akan tersangkut pada benda kerja yang sedang bergerak tersebut. Untuk menghindari gangguan ini, pangkal dudukan pahat diberi engsel sehingga punggung pahat dapat berayun pada waktu balik menyentuh
 
benda  kerja. benda yang disayat atau dipotong dalam keadaan diam (dijepit pada ragum) kemudian pahat bergerak lurus bolak-balik atau maju mundur melakukan penyayatan


Sumber : Penulis Teknik Industri _ II





Tidak ada komentar:

Posting Komentar